Minggu, 23 Oktober 2011

terlihat pintar didepan atasan..emang salah ya...?????



Dunia kerja memng penuh dengan persaingan, bahkan ada yang bilang kalau tidak ada namanya kawan. banyak cara yang di lakukan untuk memenang kan persaingan di tempat kerja, dari mulai cara yang bersih sampai cara yang kotor sekalipun. tapi sebenar nya salah ga sih..kalau kita menunjukan atau memamerkan kemampuan kita di depan atasan..?
dalam ilmu management ada yang nama nya "impression management", ini adalah sebuah teknik agar atasan melihat kemampuan kita yang imbas nya bisa jadi positif untuk anda , misalnya anda akan di promosikan naik jabatan atau minimal anda akan mempunyai nilai plus di depan atasan, dan ini sah-sah saja di lakukan selama dalam proses impression management anda tidak menjatuhkan atau menjelek-jelekan rekan kerja anda di depan atasan,karena jika anda melakukan itu maka atasan akan menganggap anda hanya cari muka saja.

impression management bisa di bilang teknik mempresentasikan diri agar kita dilihat oleh atasan. ada beberapa tujuan kenapa orang mempresentasikan dirinya

1. Intimidasi

bertujuan untuk menimbulkan rasa takut pada orang tertentu dengan cara mengesankan diri sebagai orang yang berbahaya.

2. Mengambil Hati (Ingratiation)

bertujuan untuk mempengaruhi orang tertentu agar tertarik kepada kualitas personal yang kita miliki sehinggga kita disukai.

3. Self Promotion

bertujuan untuk dinilai kompeten dalam kualitas-kualitas yang kita miliki misalnya dalam hal kecerdasan (general qualities) atau bernyanyi (specific skills).

4. Pemberian Contoh (Exemplification)

bertujuan untuk dapat dipersepsi sebagai orang yang punya integritas dan bermoral tinggi yang seringkali pada akhirnya menimbulkan rasa bersalah pada orang yang diberi contoh.

5. Memohon belas kasihan (Supplication)

Kita menampilkan kelemahan dan ketergantungan pada orang lain sehingga mendapat simpati.

Dari kelima tujuan/strategi di atas, yang paling sering terjadi adalah untuk tujuan pertama, yaitu mengambil hati. Seseorang dapat mencapai tujuan ini lewat berbagai cara. Salah satu diantaranya adalah dengan menyesuaikan pendapat dan tingkah laku kita dengan orang yang bersangkutan. Kita cenderung akan menyukai orang yang beliefs, sikap, dan tingkah lakunya serupa dengan kita.

impression management juga kadang - kadang menimbulkan effect negatif yaitu biasanya rekan kerja kita yang sirik atau dengki akan mengucilkan kita dan biasa nya kita akan di sebut cari muka. trus apa yang harus kita lakukan...??

Anda baru bekerja di perusahaan tersebut selama 2 bulan, kemudian Anda diminta untuk membuat presentasi tentang angka penjualan perusahaan selama 1 bulan terakhir. Anda kemudian menuai pujian karena presentasi yang mengesankan. Bahkan atasan Anda pun memuji Anda dengan rasa puas.

Ternyata ada dampak buruk dari kesuksesan presentasi Anda. Rekan kerja Anda yang kebetulan lebih lama bekerja di tempat itu tidak terlalu suka dengan kesuksesan yang Anda raih. Akhirnya Anda dikucilkan, bahkan banyak yang sudah mengantri untuk menjatuhkan karir Anda.

Kejadian seperti ini mungkin pernah terjadi pada beberapa dari Anda. Anda merasa tidak melakukan kesalahan, Anda hanya melakukan yang terbaik, tapi ternyata malah dibenci. Ya, dalam dunia kerja, drama sinteron terkadang sering terjadi. Konflik yang dimulai dari rasa iri dan dengki memang sudah menjadi bumbu dalam persaingan kerja saat ini. Apalagi kalau kesuksesan tersebut membuat Anda naik jabatan lebih cepat.

Sekarang, bagaimana supaya kejadian ini tidak terjadi pada Anda? Berikut ini mungkin bisa membantu Anda berkreasi lebih tanpa khawatir dimusuhi oleh rekan kerja.

1.Kepala Boleh Tegak, Tapi Dada Jangan Membusung
Apa makna dari pernyataan ini? Ya, Anda boleh merasa bangga terhadap hasil kerja Anda. Anda sudah cukup bekerja keras untuk itu dan Anda layak mendapatkannya. Tapi jangan cepat sombong dan merasa Anda paling hebat. Ingat, diatas langit masih ada langit.

2.Murah Senyum dan Tetap Ramah
Senyum bisa menjadi senjata ampuh untuk menetralisir suasana. Tapi perlu diingat pula bahwa segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak tidak baik. Orang bisa saja mengira Anda sombong, atau mungkin gila.

3.Rayakan Kesuksesan Bersama
Jangan pernah menganggap bahwa kesuksesan Anda saat ini adalah hasil jerih payah Anda seorang. Ingat, kita manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Perhatikan pula orang-orang yang mendukung Anda dibelakang. Rayakan kesuksesan Anda sebagai kemenangan bersama.

SUMBER



tinggalkan komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites