Minggu, 27 November 2011

Facing Your Challenge!



Sebagai seorang pemimpin, mungkin anda sedang berada di sebuah dunia yang penuh masalah, berantakan, sensitif, penuh keramaian dan sulit diatur. Semuanya ini seringkali membuat seorang pemimpin rasanya seperti mau pecah kepalanya. Memusingkan dan sangat membuat anda tertekan. Bahkan ada yang berakhir dengan bunuh diri. Ketika seorang pemimpin mengakhiri kepemimpinannya dengan bunuh diri maka itu merupakan bukti bahwa ia memang bukan pemimpin yang baik.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menghadapi dan bahkan mengatasi tantangan yang dihadapinya dan keluar sebagai pemenang. Walau seberat apapun, seorang pemimpin tidak mengenal kata menyerah. Pantang menyerah merupakan suatu karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Teori kepemimpinan akhir-akhir ini menekankan pada kreativitas seorang pemimpin. Seperti pepatah kuno mengatakan “Banyak jalan menuju Roma” maka demikianlah seorang pemimpin. Tidak ada kata “TIDAK BISA”, “TIDAK MAMPU”, “TIDAK SANGGUP”. Selama kita mau menggunakan pikiran kita maka pasti selalu ada jalan. Selama ada komunikasi dan hubungan yang baik dengan orang-orang yang kita pimpin, maka mereka juga adalah team yang akan selalu siap membantu memecahkan masalah secara bersama-sama. Jadi cobalah lagi untuk memecahkan masalah Anda dengan cara-cara yang kreatif. Berkali-kali mencoba dan gagal tidak berarti bahwa saat berikutnya mencoba pasti gagal lagi bukan?

Berikut ini adalah kutipan dari pakar leadership:
“The only guarantee for failure is to stop trying” John C. Maxwell

Hal berikutnya yang penting adalah jangan terfokus pada masalah, anda akan sangat pusing dibuatnya. Melainkan fokuslah pada visi dan misi yang harus anda kerjakan. Fokuslah pada hasil akhir yang akan peroleh setelah melewati masalah. Masalah tidak akan selesai jika anda terus memandangnya, masalah hanya akan selesai jika anda dengan jelas terus memandang kepada visi dan apa yang menjadi komitmen anda saat terpilih sebagai pemimpin. Pandangan kepada visi akan membuat pikiran anda tetap jernih saat menghadapi masalah dan hanya tersenyum saat tantangan datang. Karena anda menyadari bahwa untuk dapat masuk ke dalam visi anda, justru masalah dapat menjadi batu loncatan kesuksesan. Seorang pemimpin yang mampu melewati masa kritis dalam kepemimpinannya dan terus mencapai visinya akan dikenang sebagai orang yang tangguh.

“To lead the orchestra, you have to turn your back on the crowd.” Max Lucado
Ungkapan Max Lucado ini benar, hanya ada rasa tegang atau bahkan rasa takut saat menghadapi keramaian jika anda adalah seorang pemimpin orkestra. Berbalik dan fokus pada misi anda untuk memimpin team orkestra anda dan akan keluar musik yang indah yang dikagumi semua orang.

SUMBER




tinggalkan komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites