Kamis, 17 November 2011

Katakan Saja Yang Sebenarnya !



Haruskah Anda Mengakui Kesalahan Yang Telah Diperbuat Kepada Atasan Dan Bagaimana Sajakah Caranya?

Sejak kecil kita sering sekali menyalahkan orang lain atas segala masalah-masalah kita. Bahkan ketika tertanggap Basah melakukan yang salah pun relaksi pertama yang dilakukan jarang sekali kita langsung untuk mengakui kesalahan dan jarang langsung untuk memperbaikinya, sebaliknya sering kali berdalih, merasiolisasi atau berbohong dalam upaya untuk melarikan diri dari konsekuensi atas perbuatan-perbuatan salah yang telah diperbuat.

Dalam dunia kerja melakukan kesalahan adalah suatu hal yang lumrah. Semua orang yang bekerja dalam semua posisi mulai dari pimpinan hingga bawahan pernah melakukan kesalahan. Tetapi yang menjadi pertanyaan kita! Haruskah anda mengakui kesalahan yang telah diperbuat kepada atasan kita ?

Mengakui kesalahan yang kita telah perbuat diakui sebagai sesuatu yang memberatkan! Tidak mudah memang mengakui sebuah kesalahan karena akan dapat memberi nilai minus atas integritas kita di mata atasan/pimpinan kita, namun juga hal yang perlu kita sadari adalah menyembunyikan kesalahan kita adalah juga merupakan perbuatan-perbuatan yang sia-sia, seperti ada pepatah katakan bahwa bangkai yang ditutup-tutupi akan tercium juga, akibat dari kesalahan yang kita telah perbuat lambat-laun pasti akan muncul juga ke permukaan, pasti selalu ada ganjaran atas kesalahan yang telah kita perbuat.

Sekarang ini mungkin anda melakukan kesalahan! Anda tahu dan anda sadar akan resiko-resiko yang nantinya akan diterima dari kesalahan-kesalahan yang anda telah perbuat , anda begitu keras hati untuk mengakui kesalahan yang telah diperbuat, dan mungkin anda merasa sulit sekali untuk berkata “ ini kesalahan saya, “ atau sayalah yang bertanggung jawab. “ bagi anda merasa jauh lebih mudah melemparkan kesalahan kepada orang lain.
“iya memang melemparkan kesalahan kepada orang lain dirasakan jauh lebih mudah dari pada mengakui kesalahan diri, tetapi ingat apa yang ditabur itu juga yang akan dituainya, jika suatu saat semua orang akhirnya akan dapat melihat bahwa anda adalah seorang yang tidak memiliki intergritas, karena melemparkan kesalahan kepada orang lain dan tidak berani bertanggung jawab maka siapapun anda, anda akan di nilai sebagai seorang yang tidak dapat dipercaya dan dinilai kurang bertanggung jawab.

Ada manfaat dari kita mengakui kesalahan dan mengatakan kebenaran.

A. Dapat Memperoleh dan Mencari solusi

Begitu Anda menyadari akan kesalahan yang telah Anda buat segeralah untuk mengakui kesalahan tersebut guna memperoleh serta mencari solusi sebagai jalan keluar akibat dari kekacauan yang ditimbulkan Dengan demikian, Anda menunjukkan sikap bertanggungjawab dan tidak lepas tangan atas kesalahan yang dilakukan.
Jika kita semakin lama mendiamkan masalah dan tidak segera mengakui serta menyelesaikannya maka sikap mendiamkan persoalan akan memberi pengaruh negative sebab mendiamkan suatu masalah akan membuat situasi yang akan dihadapi dan ditanggung akan semakin memburuk. Atasan anda akan lebih menghargai jika Anda berani terbuka dan mengakui kesalahan dengan segera, sehingga bisa bersama-sama mencari solusi untuk memecahkan permasalah yang ditimbulkan.


B. Belajar dari kesalahan

Tidak sedikit orang yang ragu mengakui kesalahan karena tidak ingin dicap bodoh dan tidak kompeten. Namun yang menjadi pertanyaan bagi anda adalah mampu kah anda tenang dan tidur nyeyak sementara Anda telah melakukan kesalahan yang tidak diakui! Jawabanya tergantung pada diri Anda sendiri. Mengakui kesalahan tergantung dari tingkat toleransi masing-masing karakter individu, namun jika seorang berani mengakui kesalahannya hal tersebut sebagai sebuah pemurnian karakter, dan Anda akan dibawa pada tingkat dan pengertian integritas diri yang lebih baik lagi.

Sebab itu Mari belajar untuk mengakui kesalahan kita. Katakan saja yang sebenarnya! Sebab ini akan menolong anda untuk menemukan solusi dan akan membuat anda belajar dari pengalaman untuk memperbaiki kesalahan anda. Anda akan merasakan ketika masalah itu selesai anda akan menemukan sebuah pengertian ternyata begitu pentingnya untuk mengatakan suatu kebenaran.


SUMBER



tinggalkan komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites