Minggu, 06 November 2011

Hal-Hal Kecil Yang Mengganggu Kenyamanan Kerja



Selama ini pihak managemen selalu berpikir bahwa penyebab karyawan pindah ke tempat kerja yang lain adalah selalu karena upah, tetapi faktanya ada hal-hal yang sepertinya kecil tetapi mengganggu kenyamanan bekerja sehingga membuat orang mencari tempat baru. Hal-hal tersebut misalnya saja :

1. Kurang fasilitas toilet
Sudah sepatutnya pihak manajemen memperhatikan kebutuhan para pekerjanya yang menyangkut kesehatan karyawannya yang bukan saja fasilitas tunjangan kesehatan tetapi termasuk juga toilet. Sebaiknya perusahaan juga memikirkan mengenai penyedian ruang toilet yang disesuaikan dengan jumlah karyawannya. Kurangnya ruang toilet dapat menyebabkan karyawan mengantri dan hal tersebut membuang waktu kerja karena harus berlama-lama di toilet. Sediakan fasilitas toilet ini dengan penerangan yang cukup, pertukaran udara yang cukup dan air yang cukup. Sediakan juga petugas kebersihan dengan perlengkapan kebersihan yang cukup seperti tempat sampah, kain pel sehingga tidak becek, pewangi ruangan, tissue, dll

2. Memberikan kesempatan karyawan untuk berkreativitas. Misalnya fasilitas berolah raga, event bersama yang dapat menimbulkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan. Sebab tugas pekerjaan bukan segala-galanya, dengan kebersamaan akan lebih senang mengerjakannya.

3. Jangan beranggapan dengan pengontrolan dan pengawasan ketat bahkan pemberian hukuman membuat karyawan tetap bekerja. Jangan selalu berpikir bahwa karyawan selalu malas dan selalu mencari kesempatan menghindar dari tugasnya.

4. Hubungan yang harmonis dengan bawahan.
Pandanglah pekerjaan bawahan sama pentingnya dengan pekerjaan anda sebagai atasan. Mereka mendukung pekerjaan dan kesuksesan anda


SUMBER





tinggalkan komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites