Rabu, 01 Juni 2011

Manajemen & Organisasi




Manajemen

Definisi : Proses pengorganisasian kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam suatu organisasi sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi

Efektif & Efisien
Efektif : melakukan pekerjaan yang benar
Efisien : melakukan pekerjaan dengan benar

Kegiatan dalam Proses manajemen
Perencanaan : Fungsi manajemen yang mencakup penentuan tujuan, penetapan strategi dan penyusunan rencana untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kegiatan dalam mencapai tujuan

Pengorganisasian : fungsi manajemen yang mencakup penentuan tugas, pengelompokan pekerjaan, siapa yang melakukan tugas dan dimana keputusan harus diambil

Kepemimpinan : fungsi manajemen yang mencakup pemberian motivasi karyawan, mempengaruhi bawahan dan tim kerja, memecahkan permasalahan dan membuat saluran komunikasi yang efektif

Pengendalian : fungsi manajemen yang mencakup monitoring kinerja aktual, membuat koreksi terhadap ketidaksesuaian dan membandingkan kinerja dengan standar

Organisasi
Definisi : pengaturan yang disengaja terhadap sejumlah orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu

Syarat2 Organisasi


Tipe Organisasi
Konterporer
Dinamis
Fleksibel
Orientasi pelanggan
Karyawan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan
Tenaga kerja beragam
Hari kerja tertentu

Tradisional
Stabil
Tidak Fleksibel
Orientasi peraturan
Manajer yang mengambil keputusan
Tenaga kerja homogen
Hari kerja tergantung deadline

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites