Kamis, 02 Juni 2011

Pengorganisasian



Definisi : Proses Pembentukan atau Penyusunan Struktur Organisasi

Proses design (membentuk atau merubah) suatu organisasi

Struktur Organisasi
Definisi : Kerangka formal dimana tugas dan pekerjaan dibagi-bagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan

Unsur – Unsur dalam Struktur Organisasi
Spesialisasi
Departementalisasi
Rantai Komando
Rentang Kendali
Sentralisasi
Desentrasisasi
Formalisasi

Spesialisasi
Spesialisasi : Sejauh mana tugas dan pekerjaan dalam organisasi dibagi-bagi menjadi pekerjaan tersendiri

Spesialisasi dikenal dengan pembagian tugas


Departementalisasi
Departementalisasi : Pengelompokan pekerjaan dalam organisasi menjadi satu group
Bentuk Departementalisasi :
Departementalisasi fungsional
Departementalisasi geografis
Departementalisasi produk
Departementalisasi proses
Departementalisasi pelanggan

Departementalisasi Fungsional
Definisi : pengelompokan pekerjaan berdasarkan fungsi yang dilaksanakan
Kelebihan : spesialisasi mendalam, efisiensi dalam koordinasi
Kekurangan : komunikasi yang buruk, gap departemen

Departementalisasi Geografis
Definisi : pengelompokan pekerjaan berdasarkan wilayah kerja
Kelebihan : penanganan masalah yang efektif, malayani kebutuhan pasar lbh baik
Kekurangan : fungsi yang rangkap, gap antar wilayah

Departementalisasi Produk
Definisi : Pengelompokkan pekerjaan berdasarkan produk yang dihasilkan
Kelebihan : spesialisasi mendalam, dekat dg pelanggan
Kekurangan : fungsi rangkap, gap antar produk

Departementalisasi Proses
Definisi : Pengelompokan pekerjaan sesuai dengan arus proses (produk)
Kelebihan : arus kegiatan lebih efisien
Kekurangan : hanya bisa digunakan oleh proses tertentu


Departementalisasi Pelanggan
Definisi : Pengelompokan pekerjaan berdasarkan pelanggan
Kelebihan : kebutuhan pelanggan cepat terpenuhi
Kekurangan : fungsi yang rangkap


Rantai Komando
Definisi : garis wewenang yang menghubungkan tingkat atas organisasi sampai tingkat paling bawah, menjelaskan siapa melapor pada siapa
Wewenang : hak yang dipunyai oleh posisi manajerial untuk memberikan arahan apa yang harus dilakukan
Tanggung jawab : kewajiban untuk melaksanakan tugas yang dibebankan

Rentang Kendali
Definisi : Jumlah bawahan yang harus dikelola oleh seorang atasan secara efektif dan efisien

Rentang kendali berhubungan dengan berapa banyak perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk menggaji karyawan

Sentralisasi
Sentralisasi : Sejauh mana pengambilan keputusan terpusat pada suatu titik

Keputusan diambil oleh manajemen puncak tanpa mendapat masukan dari karyawan tingkat bawah


Desentralisasi
Desentralisasi : Sejauh mana karyawan tingkat bawah terlibat dalam pengambilan keputusan

Keputusan diambil atas dorongan dan masukan dari karyawan tingkat bawah

Formalisasi
Definisi : sejauh mana pekerjaan dalam organisasi terstandarisasi dan perilaku karyawan dibimbing oleh aturan dan prosedur

Penerapan unsur-unsur struktur organisasi dalam sebuah organisasi

Jenis – Jenis Organisasi
Organisasi Tradisional (mekanik)
Spesialisasi tinggi
Sangat terdepartementalisasi
Rantai komando jelas
Rentang kendali sempit
Sentralisasi
Formalisasi tinggi


Organisasi Kontemporer (Organik)
Spesialisasi rendah
Relatif tidak terdepartementalisasi
Rantai komando kurang jelas
Rentang kendali lebar
Desentralisasi
Formalisasi rendah

Faktor kontingensi jenis organisasi

Strategi dan struktur :
Inovasi
Minimalisasi biaya
Initasi
Ukuran organisasi :
Besar
Kecil

Teknologi proses :
Batch proses
Produksi masal
Proses berkelanjutan
Kondisi lingkungan :
Dinamis
Statis

Jenis – Jenis Struktur Organisasi
Struktur Organisasi Tradisional
Struktur organisasi sederhana
Struktur organisasi fungsional
Struktur organisasi Divisi
Struktur Organisasi Kontemporer
Struktur organisasi tim
Struktur organisasi matriks
Struktur organisasi project
Struktur organisasi unit mandiri

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites