Definisi : Proses Pembentukan atau Penyusunan Struktur Organisasi
Proses design (membentuk atau merubah) suatu organisasi
Struktur Organisasi
Definisi : Kerangka formal dimana tugas dan pekerjaan dibagi-bagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan
Unsur – Unsur dalam Struktur Organisasi
Spesialisasi
Departementalisasi
Rantai Komando
Rentang Kendali
Sentralisasi
Desentrasisasi
Formalisasi
Spesialisasi
Spesialisasi : Sejauh mana tugas dan pekerjaan dalam organisasi dibagi-bagi menjadi pekerjaan tersendiri
Spesialisasi dikenal dengan pembagian tugas
Departementalisasi
Departementalisasi : Pengelompokan pekerjaan dalam organisasi menjadi satu group
Bentuk Departementalisasi :
Departementalisasi fungsional
Departementalisasi geografis
Departementalisasi produk
Departementalisasi proses
Departementalisasi pelanggan
Departementalisasi Fungsional
Definisi : pengelompokan pekerjaan berdasarkan fungsi yang dilaksanakan
Kelebihan : spesialisasi mendalam, efisiensi dalam koordinasi
Kekurangan : komunikasi yang buruk, gap departemen
Departementalisasi Geografis
Definisi : pengelompokan pekerjaan berdasarkan wilayah kerja
Kelebihan : penanganan masalah yang efektif, malayani kebutuhan pasar lbh baik
Kekurangan : fungsi yang rangkap, gap antar wilayah
Departementalisasi Produk
Definisi : Pengelompokkan pekerjaan berdasarkan produk yang dihasilkan
Kelebihan : spesialisasi mendalam, dekat dg pelanggan
Kekurangan : fungsi rangkap, gap antar produk
Departementalisasi Proses
Definisi : Pengelompokan pekerjaan sesuai dengan arus proses (produk)
Kelebihan : arus kegiatan lebih efisien
Kekurangan : hanya bisa digunakan oleh proses tertentu
Departementalisasi Pelanggan
Definisi : Pengelompokan pekerjaan berdasarkan pelanggan
Kelebihan : kebutuhan pelanggan cepat terpenuhi
Kekurangan : fungsi yang rangkap
Rantai Komando
Definisi : garis wewenang yang menghubungkan tingkat atas organisasi sampai tingkat paling bawah, menjelaskan siapa melapor pada siapa
Wewenang : hak yang dipunyai oleh posisi manajerial untuk memberikan arahan apa yang harus dilakukan
Tanggung jawab : kewajiban untuk melaksanakan tugas yang dibebankan
Rentang Kendali
Definisi : Jumlah bawahan yang harus dikelola oleh seorang atasan secara efektif dan efisien
Rentang kendali berhubungan dengan berapa banyak perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk menggaji karyawan
Sentralisasi
Sentralisasi : Sejauh mana pengambilan keputusan terpusat pada suatu titik
Keputusan diambil oleh manajemen puncak tanpa mendapat masukan dari karyawan tingkat bawah
Desentralisasi
Desentralisasi : Sejauh mana karyawan tingkat bawah terlibat dalam pengambilan keputusan
Keputusan diambil atas dorongan dan masukan dari karyawan tingkat bawah
Formalisasi
Definisi : sejauh mana pekerjaan dalam organisasi terstandarisasi dan perilaku karyawan dibimbing oleh aturan dan prosedur
Penerapan unsur-unsur struktur organisasi dalam sebuah organisasi
Jenis – Jenis Organisasi
Organisasi Tradisional (mekanik)
Spesialisasi tinggi
Sangat terdepartementalisasi
Rantai komando jelas
Rentang kendali sempit
Sentralisasi
Formalisasi tinggi
Organisasi Kontemporer (Organik)
Spesialisasi rendah
Relatif tidak terdepartementalisasi
Rantai komando kurang jelas
Rentang kendali lebar
Desentralisasi
Formalisasi rendah
Faktor kontingensi jenis organisasi
Strategi dan struktur :
Inovasi
Minimalisasi biaya
Initasi
Ukuran organisasi :
Besar
Kecil
Teknologi proses :
Batch proses
Produksi masal
Proses berkelanjutan
Kondisi lingkungan :
Dinamis
Statis
Jenis – Jenis Struktur Organisasi
Struktur Organisasi Tradisional
Struktur organisasi sederhana
Struktur organisasi fungsional
Struktur organisasi Divisi
Struktur Organisasi Kontemporer
Struktur organisasi tim
Struktur organisasi matriks
Struktur organisasi project
Struktur organisasi unit mandiri